Sabtu, 29 Oktober 2016

Macam-macam Sensor Elektro dan Fungsinya




Hai semua para pembaca blogging pada kesempatan kali ini ane mau berbagi ilmu tentang Macam-macam Sensor Elektronika, Nah kita langsung aja yuuk baca artikel di bawah, mudah-mudahan bermanfaat ya bagi kalian semua.. :D :D

1. Proximity Switch

Secara bahasa Proximity Switch berarti, Proximity artinya jarak atau kedekatan, sedangkan
Switch artinya saklar jadi definisinya adalah sensor atau saklar otomatis yang mendeteksi logam berdasarkan benda tersebut dekat dengan sensor maka benda tersebut terdeteksi oleh sensor yang dapat mendeteksi adanya target jenis logam atau benda padat lainya tanpa adanya kontak fisik.

2. Sensor Magnet
  
     Sensor mangnet adalah jenis sensor yang peka atau mudah terpengaruh dengan medan magnet,
 sehingga memberikan perubahan kondisi pada output. Sensor Magnet juga disebut relai buluh, yaitu alat yang akan terpengaruh medan magnet dan akan memberikan perubahan kondisi pada keluaran. Seperti layaknya saklar dua kondisi (on/off) yang digerakkan oleh adanya medan magnet di sekitarnya. Biasanya sensor ini dikemas dalam bentuk kemasan yang hampa dan bebas dari debu, kelembapan, asap ataupun uap.
3. Sensor Cahaya
  
     Sensor cahaya adalah salah satu alat yang digunakan dalam bidang mekatronika, sensor cahaya
berfungsi mengubah besaran cahaya menjadi besaran lisstrik. sensor cahaya juga bisa jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti penerima remote televisi.

4. Sensor Suhu

 Sensor Suhu atau Temperature Sensors adalah jenis sensor yang digunakan untuk mengubah
energi panas menjadi besaran listrik. Sensor suhu melakukan pengukuran terhadap jumlah energi panas/dingin yang dihasilkan oleh suatu obyek sehingga memungkinkan kita untuk mengetahui atau mendeteksi gejala perubahan-perubahan suhu tersebut dalam bentuk output Analog maupun Digital.
Contoh sensor suhu yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari Dispenser, Rice cooker, dan kulkas.

5. Sensor Suara

Sensor suara adalah adalah sensor yang memiliki cara kerja merubah besaran suara menjadi
besaran listrik. Sensor suara berkerja berdasarkan besar/kecilnya kekuatan gelombang suara yang mengenai membran sensor yang menyebabkan bergeraknya membran sensor yang juga terdapat sebuah kumparan kecil di balik membran tadi naik & turun.

6. Sensor Tekanan

Sensor tekanan adalah sensor yang memiliki fungsi mengubah tekanan menjadi induktansi.     
Sensor tekanan biasanya bertindak sebagai transduser, itu menghasilkan sinyal sebagai fungsi dari tekanan yang dikenakan.

7. Sensor Kecepatan

Sensor kecepatan adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi kecepatan gerak, yang     
kemudian dirubah menjadi sinyal listrik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar