Senin, 19 September 2016

Dioda

DIODA

Dioda yang dipakai  secara umum, dibuat dari bahan Germanium dan silikon dan 0.3-0.4 Volt untuk tegangan Germanium pada Gambar dibawah, dioda yang digunakan dioda Silikon Jika sumber tegangan kurang dari 0,7 Volt maka tidak ada arus yang mengalir. Sebaliknya jika lebih dari 0,7 Volt maka tidak arus yang mengalir melalui dioda.


 Pada suatu rangkaian diode pada Gambar dibawah, rangkaian ada yang dibias maju dibias mundur, jika dibias mundur, maka arus yang mengalir kecil sekali dan bisa dianggap tidak ada. Karena itu nilai tegangan sama dengan nol lampu tidak menyala. Sebaliknya jika di bias maju, maka ada arus yang mengalir pada rangkaian dan lampu menyala.


Untuk menguji dioda apakah bias maju atau bias balik dapat menggunakan cara seperti dibawah.

Forward-biased
Reverese-biased



Tegangan Kaki (Knee Voltage) yaitu tegangan pada saat arus mulai naik secara cepat pada saat dioda berada di daerah maju, tegangan ini sama dengan tegangan penghalang.
Apabila tegangan dioda lebih besar dari tegangan kaki maka diode akan menghantar dengan mudah dan sebaliknya bila tegangan dioda lebih kecil maka dioda tidak menhantar dengan baik.
Di atas tegangan kaki, arus dioda akan membesar secara cepat, dengan kata lain pertambahan yang kecil pada tegangan dioda akan menyebabkan perubahan arus yang besar pada dioda.
Setelah tegangan penghalang terlampaui, yang menghalangi arus adalah hambatan Ohmic daerah P dan N, jumlah hambatan tersebut dinamakan Hambatan Bulk.

Macam macam dioda
  • Dioda zaner
Sebenarnya tidak ada perubahan struktur dasar dari zener, melainkan mirip dengan dioda. Tetapi dengan memberi jumlah doping yang lebih banyak pada sambunngan P dan N, ternyata tegangan breakdown dioda bisa makin cepat tercapai.


  • LED
LED adalah singakatan dari Light Emiting Dioda, merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya.
LED merupakan produk temuan lain setelah dioda. Strukturnya juga sama dengan dioda, tetapi belakangan ditemukan bahwa elektron yang menerjang sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi panas dan energi cahaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar